MK. Perilaku Konsumen (IKK233)

Hagi Sujateruna

A24140161

Departemen Agronomi dan Hortikultura

(www.agrohort.ipb.ac.id)

Fakultas Pertanian

(www.faperta.ipb.ac.id)

Institut Pertanian Bogor

(www.ipb.ac.id)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class) Department of Family and Consumer Sciences,

(www.ikk.fema.ipb.ac.id)

College of Human Ecology

(www.fema.ipb.ac.id)

Bogor Agricultural University IPB

(www.ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG  SUMARWAN, MSc

(www.sumarwan.staff.ipb.ac.id)

http://www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, 

sumarwan@mb.ipb.ac.id)

Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA

Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS

Ir. Retnaningsih, MS

Ir. Md djamaluddin, MSc

Text book :

perilkon

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Saya Hagi Sujateruna dengan NRP A24140161 mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Pada hari Rabu, tanggal 10 September 2015 pukul 13.00 WIB saya mendapatkan kuliah perdana mata kuliah Perilaku Konsumen sebagai SC bersama Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M,Sc.

Sebagian materi yang telah saya peroleh dari kuliah Perilaku Konsumen ini adalah betapa eratnya ilmu perilaku konsumen dengan kehidupan sehari – hari. Perilaku konsumen merupakan suatu perilaku yang dilakukan oleh konsumen dalam hal membeli, menggunakan, memakai, menghabiskan barang ataupun jasa dalam rangka memuaskan kebutuhan mereka. Riset perilaku konsumen terdiri atas 3 perspektif yaitu perspektif pengambilan keputusan perspektif pengalaman, dan perspektif pengaruh behavioral. Tujuan dari mempelajari perilaku konsumen adala untuk memahami “why do consumers do what they do”. Kegiatan yang dilakukan oleh konsumen terjadi karena adanya dorongan untuk melakukan kegiatan tersebut. Pentingnya perilaku konsumen dalam dunia pasar mengharuskan beberapa pihak mempelajarinya seperti pemasar, pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen, pemerintah serta anggota legislatif. Seorang konsumen melakukan suatu tahapan  tahapan tertentu untuk mengambil suatu keputusan. Tahapan – tahapan tersebut seperti pengenalan kebutuhan, pencarin informasi, evaluasi alternatif, pembelian, dan kepuasan konsumen.

Seorang konsumen akan melakukan kegiatan jika terdapat suatu motivasi. Motivasi tersebut muncul akibat adanya tekanan yang menyebabkan suatu kesenjangan, dari kesenjangan itu munculah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Seorang konsumen harus memiliki tujuan dan tindakan untuk memenuhi kebutuhannya. Tindakan tersebut bisa berbagai macam seperti mencari informasi tentang barang atau jasa dan mungkin saja konsumen membeli barang atau jasa tersebut. Perilaku konsumen sangat menarik dan dinamis untuk dipelajari karena menggambarkan perkembangan ekonomi, sosial, dan budaya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s